ORIENTASI KADER PUSKESMAS KLEDUNG DALAM PENANGANAN PENYAKIT MENULAR

Ditulis pada Selasa, 08 Okt 2019 oleh: Puskesmas

 

Infeksi penyakit dapat ditularkan kepada orang lain melalui berbagai cara. Penularan yang paling sering terjadi biasanya disebabkan oleh kontak fisik, bercampurnya cairan tubuh, terjadi kontak dengan kotoran penderita, udara, hingga melalui benda yang sebelumnya telah disentuh oleh penderita infeksi. Memang, tubuh sudah dibekali sistem imun yang mampu melawan berbagai organisme asing tersebut. Namun, jika penyebab infeksinya, entah itu virus atau bakteri, terlampau banyak jumlahnya, sistem imun akan kewalahan dan akhirnya menimbulkan penyakit infeksi.

Ada beberapa infeksi menular mematikan yang tersebar di Indonesia. Dari tahun ke tahun, infeksi ini memiliki jumlah penderita yang tidak sedikit. Diantaranya TBC dan ISPA. Dalam upaya melakukukan pencegahan Puskesmas Kledung melakuakan orientasi kepada kader kesehtan mengenai faktor risiko dan penanganan penyakit menular.

Acara dilaksanakan senin 07 Oktober 2019 di Rumah Makan Starsa Parakan yang diikuti 74 kader kesehatan Kecamatan Kledung. Materi yang disampaikan meliputi:

  1. TBC
  2. ISPA dan Pneumonia
  3. Hipatitis
  4. HIV AIDS

Materi disampaikan oleh Tim Puskesmas Kledung yang meliputi dokter umum, Petugas Surveiland, Perawat dan Bidan Puskesmas.

            Acara ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pengetahuan kepada kader dalam pencegahan penyakit menular dan mengenali faktor risiko. (YHJM)

 

Cetak: Kategori: Berita Nasional
Bagikan:

Satuan Pengawasan Internal Puskesmas Kledung 2020

Kledung 20 Oktober 2020.         Puskesmas k

ORIENTASI KADER PUSKESMAS KLEDUNG DALAM PENANGANAN PENYAKIT MENULAR

  Infeksi penyakit dapat ditularkan kepada orang lain melalui berbagai car

KAMPANYE PHBS TK PUSKESMAS KLEDUNG 2019

Kegitan kampanye PHBS untuk anak TK di wilayah kerja Puskesmas Kledung merupakan


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS KLEDUNG
Jl. Raya Parakan Km 06 Kecamatan Kledung  Temanggung  Telp. (0293) 5921516 email : kledungtemanggung@gmail.com
Copyright © 2024